Benang Woll

Ada yang hobi merajut? Biasanya kalau merajut pasti ada benang yang bersisa, mau banyak atau sedikit, rasanya sayang banget kalau dibuang, kalau aku lho. Untuk memanfaatkan benang-benang yang tersisa ini, aku mencoba knitting pattern, sekaligus bisa memperlancar kemampuan knittingku yang masih level pemula.
Tapi kalau hanya mencoba knitting pattern, tidak bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lain, hanya untuk belajar saja. Pengennya benang-benang yang tersisa itu bisa dipakai sehari-hari, atau mungkin bisa dijual untuk mendapatkan uang tambahan, iya kan? Jadi tetap bermanfaat dan menghasilkan. Ada beberapa ide  yang bisa dicoba untuk memanfaatkan benang-benang sisa yang kamu punya.

1. Bros

rajut 1

Ini ide yang sering aku praktekkan. Kalau ada benang yang tersisa, aku biasanya bikin bros, bisa dipakai sendiri untuk aksesoris hijab. Bentuk bros yang umumnya aku buat yaitu bentuk bunga, karena simple dan hasilnya tetap cantik.

2. Pembatas buku (bookmark)

pembatas
Pembatas buku crochet juga tidak memerlukan banyak benang, dan cara pembuatannya pun mudah. Hanya perlu membuat rajutan lurus dengan panjang yang diinginkan, dan tinggal memberi tali atau pita di ujungnya. Jika ingin bentuk yang lebih manis, bisa menambahkan bentuk renda-renda di bagian pinggir pembatas bukunya.

3. Gantungan kunci

Untuk membuat gantungan kunci ini biasanya berupa rajutan amigurumi, yaitu rajutan yang berbentuk 3 dimensi, dengan menggunakan dakron atau kapas sebagai isian. Bentuk yang biasanya digunakan untuk membuat gantungan kunci yaitu bentuk boneka atau binatang yang lucu, dan bentuk-bentuk ini sangat diminati pasar, jadi gantungan kunci dari rajutan lebih mudah dijual.
Bentuk amigurumi favoritku yaitu bentuk hati, karena tidak memerlukan banyak benang, dan tidak sulit pengerjaannya. Gunakan benang yang berwarna-warni supaya hasilnya beragam dan lebih cantik.

Alas gelas

5

Aku sering memanfaatkan sisa benang-benang yang kupunya untuk membuat alas gelas, bukan untuk dijual tapi untuk dipakai sendiri. Apalagi kalau minuman yang dihidangkan masih panas, bisa dialasi dengan rajutan agar tidak merusak meja.
Alas gelas itu mudah pembuatannya, karena bentuknya kecil, jadi tidak memerlukan banyak benang dan tidak memerlukan banyak waktu dalam pembuatannya. Tinggal membuat dengan jumlah yang banyak, dan bisa digunakan untuk menghidangkan minuman kepada tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s