Botol Bekas

Botol bekas yang terbuat dari kaca atau plastik merupakan sampah yang tidak bisa terurai di dalam tanah. Sampah jenis ini bisa utuh sampai ratusan tahun di dalam tanah tanpa sedikitpun terurai ke lingkungan. Berbeda dengan sampah organik yang bisa terurai dengan cepat di lingkungan, sampah jenis ini sangat susah untuk terurai.

Beberapa kerajinan dari botol bekas ini bisa dijadikan sebagi ide produk bisnismu. Lumayan lho kalau kamu bisa membuat produk dari botol bekas. Keuntungan yang dihasilkan bisa untuk tambahan penghasilan. Yuk simak contoh-contoh kerajinan tangan dari botol bekas berikut ini.

1. Tempat Pensil

Ini adalah salah satu contoh tempat pensil dari botol bekas yang mungkin bisa kamu tiru. Tempat pensil ini terbuat dari bekas botol shampoo. Jadi buat kamu yang punya banyak bekas botol shampoo, sekarang jangan dibuang yak. Mending dibuat kerajinan seperti ini, jadi lebih bermanfaat.

2. Hewan Imut dari Tutup Botol Bekas

Karya-dari-tutup-botol-hewan-imut

Karakter hewan imut ini dibuat dari bekas tutup botol yang biasa kita buang bersamaan dengan botolnya. Nah, untuk memperkaya ide untuk membuat sebuah kreasi tangan yang imut, kita bisa meniru ide unik ini. Kerajinan dari tutup botol ini bisa kamu buat dengan mudah menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat. Kerajinan hewan imut dari tutup botol ini bisa dijadikan media belajar anak untuk mengenal hewan-hewan dalam versi imutnya. Minimal bisa mengenal hewan aslinya dari warna dan ciri khas  yang kita buat pada tutup botol ini.

3. Vas Bunga

Kreasi dari botol bekas yang lainnya adalah vas bunga. Botol-botol yang ada di rumah bisa kamu gunakan sebagai vas bunga seperti pada gambar di atas. Untuk mempercantik tampilan vas bunga, botol sebaiknya dicat dengan warna yang menarik. Cara mengecat botol-botol ini bisa kamu lakukan dari dalam botol atau dari sisi luar botol. Perbedaannya, jika kamu mengecat botol dari dalam, vas bunga akan tetep mengkilau karena kaca bagian sisi luar botol tidak tertutup cat sehingga kilaunya tetap ada. Namun, jika kamu mengecat botol dari sisi luar hasilnya akan seperti pada gambar di atas. Tidak mengkilau. Tapi tetep cantik kan. Untuk menambah kesan artistik, kamu juga bisa menambahkan gambar-gambar di luar sisi botol. Kamu bisa menggambar daun, huruf, atau gambar-gambar lucu yang kamu sukai.

4. Lampu Hias Gantung

Dengan botol kaca bekas, kamu bisa membuat lampu hias seperti ini. Botol dipotong dan bagian atasnya digunakan untuk lampu hias gantung dengan menambahkan gantungan kawat dan pitingan lampu atau alas lilin jika lampu hiasnya akan diisi dengan lilin bukan dengan lampu listrik. Pilih botol dengan warna bermacam-macam seperti merah, biru, hijau dan sebagainya. Dengan warna botol seperti ini akan menambah kesan warna-warni. Susun lampu hias dengan cara seperti pada gambar atau dengan cara kamu sendiri. Mau digantung secara berjejer atau berkelompok juga bisa.

Prakarya dari botol bekas berikutnya adalah lampu hias dari botol kaca. Suasana romantis bisa kamu dapatkan dengan cara yang sederhana. Salah satunya adalah dengan mendekorasi ulang ruangan itu sendiri. Romantis identik dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang serta tidak terlalu gelap. Dengan menggunakan botol bekas sebagai lampu hias utamanya, kamu bisa membuat suasana yang romantis seperti pada gambar di atas. Lampu hias dari botol bekas ini akan menjadi salah satu hiasan yang unik dan menarik. Ditambah lagi dengan bola lampu pijar yang memancarkan warna kuning matahari berlapis kaca botol sehingga warna terangnya akan terfilter dan menghasilkan intensitas cahaya yang tidak terlalu menyakitkan mata.

Dengan botol bekas, kita juga bisa membuat lampion lho. Contohnya seperti pada gambar di atas. Lampion dari botol bekas ini dibuat dengan bajet yang cukup murah karena bahan utamanya yaitu botol tidak dibeli. Kertas untuk hiasannya pun bisa kita dapatkan dari kertas-kertas bekas yang ada di rumah. Cara membuat lampion dari botol bekas ini cukup mudah lho. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Sedangkan lampu dan kabelnya bisa kamu beli di toko listrik terdekat. Gunakan lampu berbentuk jantung yang berukuran sekitar 5 cm supaya tidak terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam botol.

5. Pot Tanaman

Daripada botol-botol bekas yang ada di rumah tidak terpakai alaias menjadi sampah, mendingan dibuat menjadi pot tanaman seperti ini. Untuk rumah yang tidak memiliki banyak lahan, botol bekas akan sangat berguna untuk dijadikan sebagai pot tanaman. Pot-pot ini bisa digantung di dinding atau dimana saja, yang penting ada cahaya di situ.

Gambar di atas adalah contoh kerajinan dari botol plastik bekas yang dimanfaatkan sebagai pot tanaman. Dengan cara seperti ini, kamu sudah ikut berartisipasi merawat bumi dari efek rumah kaca. Kamu bisa menanam berbagai macam tanaman di botol ini. Kategori tanaman yang bisa ditanam di pot botol ini adalah tanaman yang tidak akan tumbuh besar. Kamu bisa menanam berbagai macam sayuran atau bunga-bunga yang cenderung tidak besar.

6. Payung Lampu

Berbagai macam payung lampu ini terbuat dari botol plastik bekas, Dari mulai botol besar sampe yang kecil bisa dibuat payung lampu seperti ini, asal bisa menutupi lampunya.

Cara membuat payung lampu ini juga berbeda-beda, tergantung dari kreatifitas yang kamu miliki. Ada yang cuma menggunakan bagian potongan atas botol saja, ada juga yang menggunakan bagian atas sampai bawah dengan membelah badan botol jadi beberapa bagian sehingga bisa dibuka seperti payung.

Payung lampu yang menggunakan potongan bagian atas botol saja, harus menggunakan botol yang memiliki diameter yang cukup besar supaya bisa melindungi seluruh badan lampu. Sedangkan cara yang kedua, botolnya tidak terlalu besar diameternya sehingga harus dibelah-belah supaya bisa melebar dan menutupi seluruh bagian lampu.

7. Taman Botol

botol-tanaman

Bercocok tanama tidaklah harus di kebun atau taman. Banyak rumah-rumah minimalis yang sudah tidak memiliki halaman apalagi taman karena halaman yang ada sudah berubah menjadi garasi atau memang lantainya sudah ditutup dengan semen. Dengan menggunakan botol, kamu bisa membuat sebuah miniatur kebun. Kamu bisa menanam berbagai macam tanaman yang kamu suka. Akan tetapi, tanaman yang bisa ditanam di dalam botol seperti ini memang terbatas untuk tanaman kecil saja. Tidak disarankan kamu menanam pohon yang besar di dalam botol. Karena ini adalah miniatur taman atau kebun, sudah seharusnya kamu memilih tanaman yang tidak tumbuh besar. Cukup tanaman kecil saja yang kamu tanam di dalam botol. Media yang digunakan bisa berupa tanah sekam, batu-batu kecil atau campuran tanah dan kompos kering. Jangan lupa untuk rutin menyiram miniatur taman ini. INGAT, jangan terlalu banyak air. Secukupnya saja saat menyiram.

Selamat mencoba !!!

 

Sumber : https://www.fatinia.com/kerajinan-dari-botol-bekas/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s